01

02

Engkol Story

engkol  story

Hari itu, gue terlihat sangat galau dan dilema. Pertama-tama, mari kita flashback dulu. Waktu itu, Selasa malam, gue  abis selesai meeting di sebuah restoran Aya Menak di daerah Jakarta Selatan. Nah, sewaktu pulang semuanya biasa-biasa aja, enggak ada yang aneh apalagi horor. Tapi sewaktu motor gue menapaki Jalan Legoso, perasaan horor itu pun tiba *adegan matiin lampu, nyalain senter di bawah muka, hahah. Tiba-tiba motor gue mati mendadak kayak ada yang sabotase gitu tuh, dan akhirnya gue stuck di depan toko yang sudah tutup. Sebenernya sih, semua toko emang sudah tutup, karena malem itu udah pukul 11 malem. Kisah engkol—nyalain motor dengan kick stater—motor pun dimulai, jarak dari tempat gue mogok ke rumah itu sekitar satu kilometer. Gue bahkan harus ngengkol itu motor sebanyak empat kali, karena motor mendadak mati terus dan entah apa penyebabnya, tapi akhirnya sampai juga.

Nah yang geniusnya adalah keesokan paginya gue harus jalan ke daerah Mampang buat menghadiri sebuah acara. Kebetulan gue ngerasa sebagai Nebengers sejati yang agak murtad karena jarang posting, akhirnya gue posting malem itu dengan harapan enggak ada yang RT karena selain sudah malem, motor gue juga bermasalah lagi. Tiba-tiba ada yang RT tweet gue, gue pun panik, dan enggak berani buka ponsel. Gue cuma bisa sembunyi di balik masa lalu yang kelam, ahahha. Akhirnya, gue memberanikan diri buka ponsel, dan setelah  buka gue pun melempar ponsel gue ke muka kucing gue. Ternyata beng-beng yang RT tweet gue, karena marah kucing gue pun ngelempar balik ponsel gue ke muka gue—loh.

Selang beberapa menit, ketakutan gue pun terjawab, ada yang mau nebeng gue. Namanya Veny (@VenyEclesia) dia mau nebeng ke arah yang agak berlawanan dengan gue, awalnya gue lega karena gue bisa nolak. Tapi semuanya mendadak berubah, saat gue buka avatar dia. Dalem hati, gue berkata neng mau ke Pulau Seribu juga abang anter daah. Finally, gue nerima tawaran dia buat nebengin dia dengan diiming-imingi minuman dingin. Paginya sebelum nebengin Veny gue langsung sok keren bongkar bagian perlistrikan motor, untuk cari tahu penyebab kenapa motor gue mati. Owalah, ternyata sekringnya putus akhirnya gue ke bengkel dan beli sekring. Enggak berapa lama, akhirnya kelar tapi enggak lama kemudian putus lagi. Berarti fix, ini ada yang enggak beres tapi gue enggak mungkin lagi untuk servis karena waktu janjian udah mepet. Akhirnya gue pergi ke bengkel lagi buat beli sekring langsung sebanyak empat buah dan gue selipin di bagian motor. Biar nanti kalau mogok, gue bisa sok keren buka bagasi maen obeng.

Tapi, image keren itu pun berubah saat ketemu Veny. Akhirnya kita berangkat, motor gue mogok terus dan sudah enggak keitung sudah berapa kali gue engkol motor. Berapa kali sampe gue keringet dingin, tapi sebenrnya lebih pegel bibir gue karena cape minta maaf mulu. Walaupun pada saat itu muka Veny ditutupin masker, tapi gue yakin dia pengen gerogotin gue ampe ke tulang sum-sum. Kalau cuma engkol sepanjang jalan belum seberapa, tapi kalau ditambah gue salah milih jalan, dan keterusan yang puterannya itu ada di ujung bumi. Walaupun akhirnya berhasil nganterin Veny sampai kampus, tapi kaki gue yang kecil ini akhirnya tumbuh konde. Oiya, ngomong-ngomong gue tambah sedikit epilog. Akhirnya gue berhasil nebengin dia lagi beberapa minggu setelahnya dan motor gue gak mogok, tapi spion gue agak-agak mau patah gitu karena kesenggol motor adek gue. Hadeehh... padahal dulu aman tenteram, tapi semua berubah saat negara api menyerang—ops salah fokus. Ini #CeritaNebengku gimana Ceritamu???

 

“Story isn’t about something you write, but Story is about you and your imagination, let your mine and your heart guide you.”

Ditulis oleh: @septayudhistira